DEFINISI KOMPUTER, TELEVISI, SERTA MUSIK ANALOG DAN DIGITAL BESERTA CONTOH DAN PERBEDAANNYA


Komputer analog adalah sebuah jenis komputer yang dirancang khusus untuk menggambarkan bentuk-bentuk fungsi aritmatika dalam bentuk gambar atau grafis yang berkesinambungan (data sebagai input berkesinambungan). Jika jenis komputer analog ini dibandingkan dengan komputer digital, maka komputer analog kalah dalam hal ketelitian dan kalah dalam kecepatan pengoperasian. Komputer analog digunakan untuk mengolah data yang sifatnya kontinu (bukan data yang berbentuk angka), seperti arus listrik, temperatur, kecepatan, dan tekanan. Umumnya, komputer analog digunakan untuk mengatur suatu mesin.
Contoh : pengukur denyut jantung yang ada dirumah sakit, komputer yang digunakan untuk mengatur suhu, kecepatan suara dan voltase listrik.
Komputer digital adalah sebuah jenis komputer yang mampu melakukan pengolahan data, dimana data yang diolah dinyatakan dalam bentuk angka duaan atau digit. Pada setiap karakter dinyatakan kedalam kombinasi digit 1 dan digit 0, atau yang lebih familiar (lazim) disebut sebagai bit atau binary digit. Komputer digital sering digunakan dalam aplikasi bisnis dan aplikasi teknik. Komputer digital dapat memproses data lebih cepat dibandingkan komputer analog. Komputer digital dapat memasukkan dan menyimpan data selama proses serta dapat mengoreksi atau menghapus. Komputer ini menghasilkan keluaran berupa angka, huruf, grafik, dan gambar.
Contoh : desktop, laptop, netbook, minicomputer, server, supercomputers
PERBEDAAN TELEVISI ANALOG & DIGITAL
TV Analog
·         Sering mengalami gangguan
·         Masih banyak noise pada gambar yang ditampilkan oleh TV Analog
·         Penggunaan tabung CRT pada TV Analog membuat tv analog jadi boros listrik
TV Digital
·         Pada proses penyiaran televisi digital yang dipancarkan memakai jenis sinyal Ultra High Frekuensi atau sering dikenal dengan istilah UHF yang memakai frekuensi radio mulai dari 6 Mega hertz.
·         Gambar yang dihasilkan memiliki kualitas sangat jernih walaupun televisi yang digunakan memiliki ukuran kecil, dan tidak banyak noise.
·         Penggunaan resolusi yang cukup tinggi, sehingga FPS (Frame Per Second) yang dihasilkan juga akan sangat halus dan minum akan kedipan







Contoh TV Analog

Contoh TV Digital


PERBEDAAN MUSIK ANALOG DAN DIGITAL
Musik Analog
·         Memiliki suara yang lebih natural dibandingkan dengan efek digital. Efek digital soundnya sudah direproduksi ulang, sementara yang analog masih lebih asli.
·         Jenis sound yang dihasilkan lebih banyak dan beragam.
·         Parameter dari efek analog lebih detail, sehingga kita dapat lebih leluasa dalam setting berbagai efek dan mencari karakternya satu-persatu dari semua efek digital yang digunakan.
·         Cara pengoperasiannya lebih mudah.
·         Walaupun cara pengoperasiannya mudah, namun untuk mendapatkan karakter sound yang baik cenderung lebih sulit karena parameternya sangat detail, sehingga membutuhkan kejelian saat setting sound.


Musik Digital
·         Mencari karakter suara yang kita inginkan lebih mudah dan cepat, karena terdapat banyak sekali sound sampling yang sudah ada dari bawaan pabrik, yang tinggal diedit untuk menyesuaikan dengan selera kita.
·         Lebih portable, karena dalam satu perangkat sudah tercakup banyak efek sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.
·         Suaranya kurang natural, bahkan terlalu banyak jenis efek yang suaranya aneh sehingga banyak gitaris yang enggan menggunakannya.
·         Mudah rusak karena teknologi digital lebih rawan terhadap virus, bahkan tegangan listrik yang berubah-ubah atau yang kurang stabil juga memudahkan perangkat digital akan rusak
·         Cara pengoperasian yang cukup sulit
·         Lebih mahal karena dalam satu perangkat sudah terdapat banyak efek. Selain itu perangkat elektronik ada masanya akan outdated alias kadaluarsa.







Contoh musik analog



 




Contoh Musik Digital.



DAFTAR PUSTAKA

Satria, Ase. 2015. Pengertian Komputer Digital, Analog Dan Hibrit. Diambil dari: http://www.materibelajar.id/2017/07/komputer-digital-analog-hibrit.html
(14 Oktober 2017)

Kiswoyo, Chandra. 2017. Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV.  Diambil dari: https://inanesia.com/inilah-perbedaan-tv-analog-tv-digital-dan-hdtv/
(14 Oktober 2017)

Iding, Deny. 2016. BEDAHMUSIK VOL. 1: ANALOG VS DIGITAL.  Diambil dari: http://www.chicsmusik.com/bedah-musik-analog-vs-digital/
(14 Oktober 2017)

Misky, Dudi. 2007. Ensiklopedi teknologi digital : Mengetahui sejarah perkembangan komputer dan teknologi digital terkini. Jakarta : Restu Agung.

Kuswayatno, Lia, dkk. 2005. Mahir Berkomputer - Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Grafindo.





Komentar

Postingan Populer