PERBEDAAN PENDAPAT BUKAN UNTUK MERUSAK PERSATUAN
SOFTSKILL DESAIN PEMODELAN GRAFIK
“PERBEDAAN PENDAPAT BUKAN UNTUK MERUSAK PERSATUAN”
Desain pemodelan grafik adalah
suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan
melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan
citra. Desain Pemodelan Grafik terdiri dari 3 suku kata yaitu Desain, Pemodelan
dan Grafik, dari setiap arti suku kata tersebut memiliki pengertian
masing-masing, yaitu :
Desain
Desain adalah seni terapan,
arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai
kerangka bentuk atau rancangan.
Pemodelan
Pemodelan adalah pola/contoh dari
sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan
dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan
beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan
dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses
pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Desain Grafik
Desain grafik adalah seni dalam
berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan
bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual,
tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
Apa saja unsur Desain Pemodelan Grafik?
Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain
yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga
bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang
memiliki diameter tinggi dan lebar.
Huruf (Character) : direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat
digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan
bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
Simbol (Symbol) : direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili
bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol
atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar
orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk
nyata (dengan detail).
Bentuk Nyata (Form) : bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik
dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda
lainnya.
Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan
(corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu
bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk
memberi efek estetika desain dan dinamika desain gratis.
Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam
desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam
obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas,
menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual
secara jelas.
Projek yang akan
dibuat :
Projek animasi yang dibuat adalah
animasi tentang perdebatan antara 2 orang yang mempunyai perbedaan pendapat, awalnya
terbilang kondusif sampai akhirnya memakai emosi dan terjadilah pertengkaran. Setelah
itu datanglah satu orang penengah dan menjelaskan bahwa perdebatan dan
perbedaan pendapat bukanlah sesuatu yang harus memakai kekerasan, dan jangan
sampai merusak persatuan dan kesatuan bangsa.
Latar Belakang
Di zaman yang modern ini,
teknologi sudah sangat mudah diakses oleh
setiap kalangan. Mudahnya akses informasi ke mana saja terkadang membuat oknum
tertentu sengaja membuat suatu informasi yang tidak benar sehingga memecah belah
persatuan. Masih banyak masyarakat yang tidak bisa menerima perbedaan pendapat antar
satu sama lain. Banyak masyarakat yang melakukan diskusi serta debat tetapi
akhirnya malah terjadi pertengkaran karena sulit menerima perbedaan pendapat. Oleh
karena itu animasi yang kami buat mempunyai tema tentang perbedaan pendapat. Karena
sejatinya negara ini mempunyai prinsip bhineka tunggal ika dan itulah yang harus
diterapkan.
Tujuan
Tujuan dari pembuatan projek
animasi ini adalah untuk memberi edukasi kepada masyarakat bahwasanya perbedaan
pendapat dalam hal apapun tidak bisa dijadikan alasan sebagai pemicu terjadinya
pertengkaran antar individu atau kelompok. Karena dampak dari pertengkaran
tersebut bisa memecah belah persatuan serta tali persaudaraan kita sebagai
rakyat Indonesia. Animasi ini diharapkan bisa jadi pengingat juga jika kita
harus bisa berdemokrasi secara sehat dan cerdas, tidak selalu mengandalkan rasa
egois serta emosi dalam diri kita.
Komentar
Posting Komentar