PERBEDAAN PENDAPAT BUKAN UNTUK MERUSAK PERSATUAN


SOFTSKILL DESAIN PEMODELAN GRAFIK
“PERBEDAAN PENDAPAT BUKAN UNTUK MERUSAK PERSATUAN”


Desain pemodelan grafik adalah suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain Pemodelan Grafik terdiri dari 3 suku kata yaitu Desain, Pemodelan dan Grafik, dari setiap arti suku kata tersebut memiliki pengertian masing-masing, yaitu :

Desain
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.

Pemodelan
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.

Grafik
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.

Desain Grafik
Desain grafik adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.





Apa saja unsur Desain Pemodelan Grafik?
Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).

Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.

Huruf (Character) : direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.

Simbol (Symbol) : direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).

Bentuk Nyata (Form) : bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.

Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.

Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain gratis.

Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.

Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.






Projek yang akan dibuat :
Projek animasi yang dibuat adalah animasi tentang perdebatan antara 2 orang yang mempunyai perbedaan pendapat, awalnya terbilang kondusif sampai akhirnya memakai emosi dan terjadilah pertengkaran. Setelah itu datanglah satu orang penengah dan menjelaskan bahwa perdebatan dan perbedaan pendapat bukanlah sesuatu yang harus memakai kekerasan, dan jangan sampai merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Latar Belakang
Di zaman yang modern ini, teknologi  sudah sangat mudah diakses oleh setiap kalangan. Mudahnya akses informasi ke mana saja terkadang membuat oknum tertentu sengaja membuat suatu informasi yang tidak benar sehingga memecah belah persatuan. Masih banyak masyarakat yang tidak bisa menerima perbedaan pendapat antar satu sama lain. Banyak masyarakat yang melakukan diskusi serta debat tetapi akhirnya malah terjadi pertengkaran karena sulit menerima perbedaan pendapat. Oleh karena itu animasi yang kami buat mempunyai tema tentang perbedaan pendapat. Karena sejatinya negara ini mempunyai prinsip bhineka tunggal ika dan itulah yang harus diterapkan.

Tujuan
Tujuan dari pembuatan projek animasi ini adalah untuk memberi edukasi kepada masyarakat bahwasanya perbedaan pendapat dalam hal apapun tidak bisa dijadikan alasan sebagai pemicu terjadinya pertengkaran antar individu atau kelompok. Karena dampak dari pertengkaran tersebut bisa memecah belah persatuan serta tali persaudaraan kita sebagai rakyat Indonesia. Animasi ini diharapkan bisa jadi pengingat juga jika kita harus bisa berdemokrasi secara sehat dan cerdas, tidak selalu mengandalkan rasa egois serta emosi dalam diri kita.


Komentar

Postingan Populer